Cara Mudah Membuat Artikel yang SEO Friendly

Takkalasi - Cara Mudah Membuat Artikel yang SEO Friendly | Seringkali kita membuat artikel/postingan dengan gaya tulisan dan aturan kita sendiri. Namun kenyataannya postingan kita belum muncul pada halaman pertama mesin pencarian seperti Google, Bing, atau Yahoo. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan kita tentang aturan membuat artikel agar SEO Friendly. Untuk penjelasan mengenai definisi SEO bisa lihat dibawah.

Baca Juga : Apa Itu SEO?

Membuat artikel yang SEO memang dibutuhkan penelitian yang mendalam agar apa yang kita tulis bisa mendapatkan potensi klik dari pengunjung/visitor sehingga akan meningkatkan trafik secara signifikan. Artikel SEO adalah sebuah artikel atau konten yang di buat mengacu pada dua hal yakni mesin pencari dan minat pembaca. Kedua hal ini yang menjadi acuan untuk membuat artikel SEO. Sejatinya untuk membuat artikel yang SEO sendiri sangat sulit dan mungkin hanya beberapa orang saja yang tahu bagaimana membuat artikel SEO.

Untuk merancang dan membuat artikel seo ada beberapa aturan yang harus agan dan aganwati lakukan dan perhatikan dengan seksama sehingga pada akhirnya akan membuahkan hasil apa yang diinginkan. Dalam tutorial kali ini saya akan berbagi Tips dan Cara Mudah Membuat Artikel yang SEO Friendly dan Berkualitas :

1. Memilih Niche / Topik Yang Tepat

Buat agan dan aganwati, ini dia hal yang harus diperhatikan, memilih niche atau topik sangat di perlukan untuk membuat artikel seo, karena jika niche yang agan buat tidak banyak di sukai sudah bisa di pastikan bahwa artikel yang akan agan tulis akan hancur dan tidak membuahkan hasil apa-apa. Untuk itulah memilih niche sangat penting. Memilih niche tidak begitu merepotkan kita hanya berpikir satu topik saja contoh, ingin menulis tentang tutorial, maka hal yang harus agan lakukan adalah dengan memilih tutorial apa yang agan kuasai. Misalnya tutorial blog, tutorial mikrotik, tutorial komputer, dll. Menulis artikel yang seo niche adalah kunci supaya nantinya ketika agan membahas tentang niche tersebut bisa memberikan informasi yang jelas dan tepat, inilah cara menulis artikel seo.

Selain memilih niche seharusnya lebih mengoptimalkan pada minat pembaca, sehingga ketika agan membuat postingan/artikel seo, pembaca paham bahwa agan sedang membahas hal ini dengan topik ini, ketika pengunjung datang ke halaman postingan, maka mereka akan mendapatkan selama ini yang mereka cari, selain itu usahakan niche yang agan dan aganwati pilih yang lagi trend atau sedang populer sehingga kemungkinan artikel seo yang ditulis bisa masuk ke halaman top rank. Inilah poin pertama untuk membuat artikel yang seo.

2. Melakukan Analisis Kompetitor

Untuk poin yang kedua membuat artikel seo adalah dengan menganalisa pesaing agan di halaman pencarian. Hal ini sangat dibutuhkan sekali karena jikactidak menganalisa terlebih dahulu seberapa baik dan seberapa kuat seo pesaing agan, maka akan susah untuk mengalahkan para pesaing/blogger lainnya. Untuk itu, hal yang harus agan lakukan untuk menganalisa pesaing sebagai berikut :

    - Meneliti artikel posting yang mereka buat
    - Seberapa Informatif Artikel yang Mereka miliki
    - Berapa kerapatan Kata Kunci dalam Artikel Mereka
    - Lihat Juga Usia domain mereka
    - Seberapa penting artikel mereka untuk pengunjung.

Hal-hal diatas harus agan lakukan karena bila tidak meneliti besar kmungkinan agan tidak akan pernah tahu bagaimana cara untuk mengalahkan pesaing utama agan. Dari beberapa kasus, banyak para blogger tidak memperhatikan hal ini sebab mereka yakin bisa mengalahkan. Hal ini kadang keliru dan tidak perlu kita buat acuan sebab bila kita selalu menganggap mudah suatu hal tentu hal itu akan mempersulit kita sendiri. Jadi acuan yang tidak benar buang jauh-jauh, fokuslah pada rencana agan untuk membuat sebuah karya yaitu artikel seo.

3. Analisis Keyword untuk Artikel SEO

Pada poin yang ke tiga ini adalah menganalisa kata kunci atau keyword. Apakah ini sangat penting ? ya, tentu saja sangat penting untuk membuat artikel seo. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa kata kunci hal yang mudah dan tidak perlu di analisis. Hal ini anggapan keliru dalam dunia blogging. Kata kunci atau keyword adalah salah satu cara mesin pencari untuk menganalisa lebih mendalam dari sebuah postingan/artikel. Tanpa adanya kata kunci atau keyword mesin pencari tidak akan menemukan artikel agan.

Beberapa orang menganggap tidak ada kata kunci tidak mengapa, iya tidak mengapa kalau agan membuat sebuah buku di kertas. Namun ini lain, kita disini seorang pemasar konten sudah seharusnya sebuah artikel harus mengacu pada aturan mesin pencari, inilah sebabnya kata kunci sangat penting untuk membuat artikel seo. Untuk mencari dan menentukan kata kunci agan dan aganwati bisa menggunakan tool online atau bisa juga menggunakan software. Gabungkan kedua alat tersebut untuk menentukan kata kunci yang ideal, usahakan untuk membuat kata kunci yang banyak di cari oleh pengguna. Bila kata kunci yang agan pilih tidak trend atau banyak dicari oleh pengguna besar kemungkinan tidak akan mendatangkan pengunjung ke halaman blog/web agan. Tentukan kata kunci hanya dua kata dan maksimal 3 kata, yang lainnya long tail keyword. Ini poin untuk membuat artikel seo. Adapun alat yang bisa digunakan untuk meneliti kata kunci secara online bisa menggunakan google trend dan google keyword planner.

4. Menentukan Informasi Yang Jelas

Membuat postingan/artikel yang seo, berkulitas dengan kaya informasi tentunya agan harus bisa membuat informasi yang jelas, sebab selain kita harus fokus pada mesin pencari kita juga harus berfokus pada minat pembaca, ini sangat penting untuk merangkul minat pembaca tergolong sangat susah. Untuk itu sebelum menulis artikel seo sebaiknya kumpulkan beberapa materi untuk penulisan artikel agan.

Topik atau materi dari permasalah ini sebaiknya agan buat list daftar mulai dari awal berbicara, pemabahasan awal, isi dari topik yang akan agan sampaikan, memberikan solusi apa yang dibahas dan yang terakhir poin penting yaitu promosi bila bergerak dalam bidang bisnis. Visitor atau pembaca akan senang dengan hal ini sehingga mereka semakin tahu bahwa informasi yang disampaikan benar-benar bermanfaat untuk mereka. Hal ini salah satu strategi artikel seo yang tepat dan mengena.

5. Menentukan Judul Posting

Pada poin ke lima ini, Judul Postingan penentu dari semua artikel seo. Agan dan aganwati yang bergelut di dunia blogger pasti sudah tahu bahwa judul adalah salah satu senjata untuk menarik pengunjung dari halaman pencarian ke halaman blog/web agan. Dalam pembuatan judul sebaiknya berdasarkan minat pembaca supaya artikel seo yang diciptakan bisa menarik mereka. Untuk itu agan dan aganwati harus cerdas dalam memilih dan membuat judul postingan yang berkualitas.

6. Mengoptimalkan Permalink

Permalik atau URL adalah salah satu acuan mesin pencari untuk menentukan sekaligus cara googlebot untuk merayapi halaman blog agan. Dengan permalink ini maka spider bot akan mengindeks dan menentukan halaman blog di hasil pencarian. Apabila salah untuk membuat permalink, maka kemungkinan spider bot tidak menemukan relevansi permalink dengan judul postingan agan. Perlu diketahui bahwa sistematis mesin pencari selalu mencocokkan unsur dari postingan kita mulai dari judul, permalink, description dan artikel. Apabila salah satu dari ke tiga hal ini tidak mendapatkan akurasi yang tepat maka mesin pencari tidak akan menempatkan postingan ke halaman pecarian. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membuat artikel seo yang benar-benar seo. So, agan harus benar-benar teliti memperhatikan tentang permalink agar artikel seo yang dibuat tidak sia-sia. Dan juga usahakan permalink jangan terpotong.

7. Menempatkan Keyword Dalam Artikel

Setelah membahas poin-poin penting diatas, untuk melanjutkan artikel seo kita harus tebarkan semua kata kunci dalam postingan atau artikel. silahkan tebarkan postingan yang tepat jangan sampai terlalu banyak kata kunci sehingga mesin pencari tidak menganggap bahwa artikel seo yang ada buat adalah praktek keyword stuffing. Ideal untuk menempatkan keyword dalam artikel seo adalah 1% sampai dengan 5%. Hal ini sesuai dengan aturan dari keyword density yang sudah jelas ke absahannya. Agan dan aganwati harus lebih cerdas dalam menempatkan kata kunci dalam postingan.

8. Optimalisasi dengan Atribut

Untuk menambah nilai seo dalam artikel seo manfaatkan atribut heading yang di tandai dengan H1, H2, H3, H4, H5, H6 dan seterusnya. Ada juga atribut lainnya yaitu bold, italic dan underline. semua atribut ini bertujuan untuk memberikan nilai seo dalam artikel. Tapi perlu agan ketahui, ketika menggunakan atribut tersebut, teori dasar seo sendiri agan hanya bisa meletakkan Heading 1 hanya satu kali bila anda melakukan sampai 2 kali atau bahkan lebih hal ini akan mengurangi optimasi seo dalam membuat artikel seo. Jadi bila ingin sering mengulang dengan atribut heading bisa menggunakan H2, H3, H4, H5, H6 dan seterusnya. semakin besar angkan H maka akan semakin kecil nilainya untuk mesin pencari.

Selain heading, atribut bold, italic dan underline bisa menjadi salah satu optimasi artikel seo. Untuk lebih tepatnya gunakan atribut heading ini hanya untuk pada kata kunci atau daftar list saja, sebab kalau banyak menggunakan atribut ini akan menjadi semakin buruk bagi mesin pencari atau pun visitor/pembaca artikel seo agan.

9. Optimalisasi Meta Description

Poin berikutnya yang harus agan dan aganwati terapkan untuk membuat artikel seo berikutnya adalah optimalisasi meta description. Poin ini sangat penting untuk memberikan nilai seo. Meta description adalah potongan artikel yang akan di tempatkan di halaman pencarian. Google sendiri akan menganggap bahwa konten anda baik dan relevan dengan pencarian berdasakan description ini. Untuk itu manfaatkanlah meta description secara optimal.

Yang harus diperhatikan untuk menempatkan meta description adalah pilih konten yang dianggap penting dan tepat serta jangan lupa untuk menempatkan kata kunci atau keyword dalam meta tersebut. Jika sudah melakukan hal ini, maka agan sudah membuat artikel seo yang tepat.

10. Penggunaan Internal & External Linking

Pada poin selanjutnya, manfaatkan internal link dan external link. Manfaat dari internal link selain untuk memberitahu googlebot internal link juga untuk menarik pengunjung ke halaman lain dalam satu blog/web yang masih berkaitan sehingga ini akan mengurangi bounce rate untuk blog/situs agan. Jika agan belum tahu apa itu bounce rate bisa baca tentang bounce rate sebagai acuan popularitas situs, silahkan searching di google aja gan :D.

Selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu external link. Ini sangat penting bagi perkembangan situs sebab banyak yang menduga bahwa dengan aliran link keluar akan memperburuk web dan blog. Hal ini salah satu anggapan salah sebenarnya. Yang benar jika agan mengalirkan link ke halaman atau web lain namun masih berkaitan dengan artikel seo yang anda bahas. Buat mesin pencari ini sangat baik. Tapi agan perlu tahu, jangan terlalu banyak untuk mengalirkan link sebab ini tidak baik karena google sendiri akan menganggap agan seorang spamming. hal ini jelas tidak baik untuk seo.

Jika melakukan external link, sebaiknya 1 sampai 2 link saja. Hal ini untuk menjaga blog/website kita supaya tidak masuk ke halaman spam mesin pencari. ini poin penting untuk membuat artikel seo yang tepat dan berkualitas.

11. Optimalisasi Gambar

Selanjutnya yaitu Optimalisasi Gambar, ini adalah poin terakhir. Apabila agan dan aganwati menggunakan gambar dalam postingan, maka yang harus dilakukan adalah menambahkan atribut ALT dan TITLE pada setiap gambar yang dipostingkan. Perlu diketahui bahwa mesin pencarian hingga saat ini belum bisa membaca gambar, namun mengerti gambar jika terdapat atribut alt dan title. Oleh sebab itu, kenapa setiap kita membuat artikel seo selalu di sarankan untuk menambahkan atribut ALT dan TITLE. Untuk memahami tentang optimasi gambar lebih jelas, silahkan searching di google dengan keyword Cara Optimasi Gambar Untuk SEO.



Ok, sekian dulu pembahasan yang panjang lebar mengenai Cara Mudah Membuat Artikel yang SEO Friendly dan Berkualitas. Semoga agan dan aganwati bisa mengerti dengan penjelasan saya ini dan Semoga Bermanfaat.