Pengertian dan Dasar SEO yang Wajib Diketahui

Takkalasi - Pengertian dan Dasar SEO yang Wajib Diketahui | Bagi agan dan aganwati yang bergelut di dunia blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Jadi sebenarnya apa itu SEO ? apakah sejenis protozoa?? hahah, begitulah pertanyaan salah seorang teman saat baru mengenal dunia blogger. Maka kali ini saya akan berbagi mengenai apa itu SEO dan keuntungan melakukan SEO pada web atau blog.
 Sumber Google Images
 
SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu suatu cara atau teknik untuk membuat situs web atau blog kita berada pada posisi atau halaman pertama di mesin pencarian ( atau search engine ) seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Pengertian Apa itu SEO versi Wikipedia (terjemahan dari bahasa Inggris) :
“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
 
 
Istilah SEO menurut teman-teman blogger mengenai Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:
“Melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web/blog atau halaman web agan dan aganwati agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman pertama daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.

Sebenarnya definis/pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semua itu mencakup hal yang sama yakni mengoptimisasi suatu halaman website/blog supaya berada pada posisi atau halaman awal/pertama/satu di mesin pencarian/search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Kemudian setelah mengerti apa itu SEO, selanjutnya agan dan aganwati juga harus mengetahui keuntungan dari melakukan SEO. 

Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan yang agan dan aganwati dapat dari melakukan SEO diantaranya :

1. Mendatangkan Banyak Traffic
Agan dan aganwati pasti tahu kalau blog atau situs yang berada pada posisi/halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung ( Traffic ) yang sangat besar. Tergantung pada kata kunci atau keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil dari pencarian Google Planner.

2. Meningkatkan Penjualan
Apabila agan dan aganwati memiliki situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan kata kunci/keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing
Untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu blog/situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini.
 
 
Dasar SEO yang Wajib Diketahui
Dasar SEO merupakan pondasi yang bisa dibilang sangatlah wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization sebab merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika agan dan aganwati ingin menjadi ahli seo atau membuat blog/situs berada pada posisi satu google dengan kata kunci yang di target. Untuk pembahasan ini agan dan aganwati bisa pelajari selengkapnya pada postingan selanjutnya :D
Semoga pembahasan saya mengenai Apa definisi SEO bisa bermanfaat.